Jumat, 27 Juli 2012

tugas kelompok PFPM


SOAL :
13.  Apa Tujuan Feminisme ?
14.  Jelaskan Pembagian Periode Feminisme ?
15.  Apa Yang Dilakukan Mary Wollstonecraft Dalam A Vindication The Rights Of Women (1789) ?
16.  Bagaimana Pandangan Feminisme Marxisme Sosialisme Awal ?
 

JAWAB :
13.  - Ketergantungan perempuan secara ekonomi pada suami merupakan salah satu faktor
  yang menjadikan munculnya penindasan dan ketidakadilan sistemik
- Feminisme ingin meluruskan pandangan masyarakat yang selalu menguntungkan  
   laki-laki (Patriarkis) ke arah struktur masyarakat yang equal dan egaliter

14.  Feminisme terbagi menjadi lima periode antara lain :

            1. feminisme Pada Masa Sebelum Perang Dunia I :
                        A. Feminisme Liberal Awal
                        B. Feminisme Marxis dan Sosialis Awal
            2. Feminisme Modern :
                        A. Feminisme Liberal Modern
                        B. Feminisme Radikal Modern
                        C. Feminisme Marxis dan Sosialis Modern
            3. Black Feminism
            4. Feminisme Post modern
            5. Feminisme Memasuki Abad 21


15.  Mary Wollstonecraft (1759-1797), A Vindication the Rights of Women
(1789) : "Perempuan sama dengan laki-lakmi adalah individu rasional ; oleh karena                itu harus memiliki hak yang sama dalam pendidikan,pekerjaan hak milik            pribadi dan suara (vote) dalam politik"

16.  Pandangan Feminisme Marxisme Sosialisme Awal :
- "Hubungan keluarga dan seksual adalah produk dari perkembangan dan perubahan   
   sosio-ekonomi,
-          melalui konflik kelas dan revolusi"

33. Apa yang dimaksud dengan Sanata Darma?
                Mengacu pada prinsip-prinsip dasar yang diaplikasikan dimanapun dan kapanpun yang akan dapat membantu manusia untuk dapat hidup dalam kesatuan, kedamaian, dan kebahagiaan. Itu merupakan dasar dari semua agama dan peradaban.

34. Apa Artinya Tat Twam Asi
                Hakikat manusia adalah roh (Atman) yang merupaka percikan dari Brahman. Setiap manusia adalah bersaudara, karaena sama-sama Atman, percikan dari brahman.

35. Bagaimana manusia dapat mencapai pembebasan menurut pemikiran india?dengan berusaha keluar dari lingkaran renkarnasi dan mencapai mokhsa atau berdatuanya atman dengan brahman.

36. 8 sub divisi teknik yoga
                1. Pandangan yang benar
                2. Apirasi yang benar
                3. Tingkah laku yang benar
                4. Ucapan yang benar         
                5. Cara hidup yang benar
                6. Upaya yang benar
                7. Pikiran yang benar
                8. Meditasi yang benar
  1. feminisme adalah gerakan dari kalangan perempuan yang menolak perbedaan laki-laki dan perempuan yang dikonstruksikan secara sosial dan budaya. Awal kemunculan feminisme akibat dari frustasi dan dendam terhadap sejarah Barat yang dianggap tidak memihak kaum perempuan.
  2. fisafat dan teologi gereja sarat dengan pelecehan feminitas. Secara structural dan cultural, wanita ditempatkan pada posisi paling rendah. Juga dikatakan bahwa wanita adalah sumber godaan dan kejahatan, tidak memiliki hak dan terpinggirkan. Gereja memaksa perempuan menopang ekonomi keluarga dan sekaligus peran domestik.
  3. pandangan J.J. Rousseau dalam bukunya ”A Discourse on Political Economy: 1755” secara konsisten memandang perempuan sebagai mahkluk inferior dan tersubordinasi. Tujuan hidup perempuan hanya untuk melayani laki-laki.
  4. pada essay Shopenhauer tahun 1851 "Of Women", dia mengekspresikan pertentangannya yang dia sebut "Teutonico-Christian stupidity" pada masalah perempuan. Dia menyatakan bahwa "wanita berkaitan dengan alam dan dimaksudkan untuk taat", dan menentang puisi Schiller dalam menghormati wanita "Martabat Perempuan".  Esai tidak memberikan dua pujian, namun "wanita pasti lebih bijaksana dalam penilaian mereka dari laki-laki dan lebih simpatik terhadap penderitaan orang lain. Namun, kedua adalah potongan sebagai kelemahan bukan kebajikan kemanusiaan. Tulisan-tulisan kontroversial Schopenhauer telah dipengaruhi banyak, dari Friedrich Nietzsche tentang feminis abad kesembilan belas. Schopenhauer menjelaskan tentang perbedaan antara jenis kelamin dan peran masing-masing dalam perjuangan untuk bertahan hidup dan reproduksi, mengantisipasi beberapa klaim yang kemudian berkelana oleh sosiobiologis dan psikolog evolusi di abad kedua puluh.


37. Jelaskan cycle of Karma dan law of Karma!
·         Cycle of Karma adalah: hidup yang seperti ayunan; terkadang senang dan terkadang sedih. Ini yang dinamakan cycle of Karma. Pengertian akan hukum Karma akan membuat seseorang keluar dari perputaran tanpa henti
·         Law of Karma adalah: Semua Karma yang dijadikan sebagai niat baik atau buruk, yang akan disesuaikan pada kejadian yang sudah lewat kepada kejadian yang akan datang. Jika anda tanpa pamrih dalam menolong seseorang, maka orang lain akan menolongmu jika kamu membutuhkan bantuan. Jika kamu dapat berkata baik dengan temanmu, maka teman-temanmu akan bersahabat denganmu. Hal ini berlaku juga sebaliknya.
38. Sebutkan tiga nilai Tradisi Cina
o   Konfusianisme
o   Taoisme
o   Buddhisme
40. Konsep-konsep dasar Buddhisme adalah
ü  Reinkarnasi :Perbuatan-perbuatan atau Karma dalam urutannya eksistentensi masa lalu yang menentukan akan menjadi apa di masa depan.
ü  Kausalitas : Eksistensi fenomenal seperti yang ditangkap oleh indra adalah ilusi, kalaupun sesuatu yang “berada” namun tidak permanen.
ü  Nirwana : pembebasan diri dari roda hidup dan mati (memutuskan rantai sebab akibat, bersatu dalam realitas tertinggal yang kekal, dan menjadi Buddha (bukan Dewa)
ü  Pembebasan
-          Peneyelamatan dari putaran roda yang dicapai melalui pencerahan
-          Ada satu pemahaman dan persepsi transeden yang menyingkap selubung ilusi dan melilhat realitas di baliknya
-          Tuntutan relijius melalui perbuatan-perbuatan baik.
17. Frederick Engels mengatakan bahwa penindasan perempuan dimulai dari hak milik pribadi dan masyarakat kelas. Dalam hal ini wanita  hanya sebagai pemuas seks para pria, hanya tinggal di rumah untuk melayani suami dan mengasuh anak. Engels mengacu pada keuntungan ekonomi bagi laki-laki ditambah dengan ketidakmampuan wanita  untuk mengklaim harta bagi dirinya sendiri atau anak-anaknya. Seorang wanita akan menjadi lebih tunduk pada suami karena pembubaran perkawinan hanya dimungkinkan oleh kehendak suami. Engels berpendapat bahwa sebuah hubungan yang didasarkan pada hak milik dan pemaksaan  hanya akan mengarah pada proliferasi dari amoralitas dan prostitusi. Satu-satunya kelas, menurut Engels, yang bebas dari kekangan sebagai akibat dari bahaya kerusakan moral, adalah kaum proletar, karena mereka tidak memiliki cara moneter yang merupakan dasar dan juga ancaman untuk perkawinan borjuis. Revolusi sosial yang diyakini Engels yang akan terjadi akan menghilangkan perbedaan kelas, dan karenanya juga dibutuhkan perempuan untuk prostitusi dan perbudakan.

18. Pendapat Simone de Bevoir dalam The Second Sex adalah bahwa wanita selalu dianggap sebagai jenis kelamin kedua setelah pria, dimana dua kelamin ini tidak pernah mempunyai kesetaraan/ kesamaan hak. Meskipun hak wanita diakui dalam secara hukum, masih terdapat kebiasaan lama yang mencegah ekspresi penuh mereka yaitu adanya adat istiadat. Dalam bidang ekonomi biasanya wanita juga dinomor duakan yang dapat dibuktikan dengan penerimaan gaji yang selalu lebih kecil dari gaji pria dngan alasan wanita lebih lemah dari pria sehingga pantas untuk mendapatkan imbalan gaji yang lebih rendah. Dalam bidang politik, peran wanita juga dibatasi, kebanyakan mereka yang duduk dalam pemerintahan adalah pria dan pastinya mereka mempunyai lebih banyak kesempatan untuk sukses dibanding wanita. Feminitas dan domestisitas bukan merupakan hal alamiah bagi seorang wanita, tetapi merupakan suatu perbuatan yang membatasi kebebasan wanita yang menolak ekspresi kemanusiaan utuh dari wanita itu sendiri. 
19. silang pendapat Freud dan Simone
                Freud : Penis Envy pada perempuan menurut Freud, timbul ketika anak perempuan melihat penis teman laki-lakinya yang terlihat (visible) dan besar. Organ seksnya yang kecil dan tersembunyi membuatnya merasa inferior terhadap teman laki-lakinya.
Beauvoir : Kecemburuan seorang anak terhadap penis merupakan gambaran kekecewaan perempuan akan hak istimewa laki- laki
20. tokoh feminisme modern
a . Simone de Beauvoir (1908-1986) dengan tulisan The Second Sex yang mengemukakan bahwa feminitas dan domestisitas bukan merupakan hal yang alamiah bagi perempuan.
b . Betty Frieden dengan The Feminim Mistiquenya yang mengemukakan bahwa             perempuan telah diasosiasikan pada keyakinan bahwa tempat mereka adalah di rumah dan bahwa tujuan hidup mereka nuntuk mengurus suami dan anak
c . Janet Radliffe Richard yang menerapkan teori keadilan John Rawls dalam The Skeptical Feminist bahwa perempuan dan laki- laki harus mengembangkan potensi mereka.
d . Susan Moller Okin dengan Gender, Justice and the Family yang mengemukakan bahwa negara harus mendukung kepedulian terhadap anak, pola pekerjaan yang fleksibel dan membagi tugas rumah tangga dengan laki- laki
No 21-24
21. apa hasil pemikiran betty?
22. bagaimana pemikiran janet Radcliffe Richard?
23. bandingkanlah dengan pemikiran susan moller okin
24 apa protes feminism liberal?
Jawaban:
21. hasil pemikiran Betty Frieden, sang penulis dr Feminine Mystique (1963), adalah:
  • Equal pay right (1963), merupakan undang-undang yang dikeluarkan pada masa Presiden Kennedy.  Undang-undang ini berbicara mengenai kesetaraan gaji antara perempuan dan laki-laki. Undang-undang ini juga menuntut kesetaraan pekerjaan antara perempuan dan laki-laki, betty yang dianggap sebagai tokoh feminism modern menelurkan fikirannya ini setelah PD II, dimana posisi perempuan pada saat itu juga masih mengalami perdebatan mengenai pembagian jenis pekerjaan antara mereka dan laki-laki.
  • Equal right act (1964), undang-undang mengenai kesamaan hak.antara perempuan dan laki-laki. memiliki arti dan besar bagi wanita dan juga bagi orang kulit hitam. Dalam hal pekerjaan, memiliki peranan yang sangat penting dalam menentang diskriminasi pekerjaan.equal right act, merupakan bentuk penolakan kaum perempuan atas perbedaan yang ada antara perempuan dan laki-laki. Baik dalam bentuk pekerjaan, status yang dimiliki (sudah menikah atau belum), perbedaan pembayaran gaji antara perempuan dan laki-laki.

22. Janet Radcliffe Richards, adalah seorang feminism filsuf inggris yang menyelesaikan studinya di Universitas London. Pemahamannya mengenai feminisme itu sendiri merupakan kejadiaan yang tidak disengaja saat menulis bukunya yang pertama yaitu The Skeptical Feminist (1982). Yang berisi tentang penerapan teori keadilan oleh john rawls bahwa Perempuan dan laki-laki harus mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka.

23. susan moller okin, dalam bukunya genderm justice and the family (1990) menagtakan. ‘negara harus mendukung kepedulian terhadap anak, pola pekerjaan yang fleksibel dan membagi tugas rumah tangga dengan laki-laki’.
Pemikiran okin jika dibandingkan denagn janet merupakan sebuah pemikiran kritik terhadap teori kedilan yang diterapkan oleh john rawls. Jika janet menerapkan maka okin mengkritik teori keadilan john rawls, okin menulis teori ini dari sudut pandang laki-laki yang dia asumsikan memiliki pandangan yang salah mengenai institusi keluarga. Dia percaya bahwa ketidakadilan gender telah menjadi hal yang abadi dalam kehidupan masyarakat. Karena anak-anak memperoleh  atau terbentuknya nilai-nilai dan pemikiran-pemikiran dari keluarga mereka, dari bagaimana cara keluarga menerapkan perbedaan antara perempuan dan laki-laki. Krn pemikiran dari ketidak adilan gender tersebut maka dia percaya wanita harus ad dan masuk ke dalam kehidupan di dalam keluarga. Masuk  disini berarti ikut langsung dalam mendidik anak-anak yang nantinya akan menjadi penerus bangsa. Oleh karena hal itu, Negara harus mendukung kepedulian terhadap anak dengan cara melindungi hak-hak perempuan seperti pola pekerjaan yang fleksibel dan kaum lelaki diharapkan dapat berbagi tugas dengan kaum perempuan dalam hal mengurusi rumah tangga.
24. protes feminism liberal:
Protes dari feminism liberal ini sama saja dengan apa yang digaungkan olehbetty dan kawan-kawan tentunya, karena mereka merupakan tokoh-tokoh dr feminis liberal itu sendiri. Protes-protes tersebut masih melingkupi masalah ketidaksamaan upah yang diterima antara buruh laki-laki dna buruh perempuan, eksploitasi modal juga merupakan protes terhadap feminism liberal. Tidak hanya itu, seperti yang dikritik betty dalam bukunya The Feminine Mystique, yang mengkritik perempuan-perempuan yang terlalu mengagung-agungkan pernikahan. Sehingga perempuan terlalu patuh terhadap perintah laki-laki dalam berumah-tangga, sehingga seringkali mengabaikan hal-hal yang telah menjadi hak dalam dirinya. Dan protes yang feminis liberal yang cukup controversial adalah melegalkan lesbisianisme, perempuan tidak harus berhubungan seks dengan lelaki. Karean sebagai suatu bentuk emansipasi, sesama perempuan juga dapat melakukan hubungan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar