Jumat, 27 Juli 2012

KOPERASI KALPEMAS FEUI


KOPERASI KALPEMAS
Oleh : Muhammad Ridho Rachman, Ilmu Sejarah UI, 0806343973

            Koperasi Kalpemas merupakan badan usaha koperasi yang beranggotakan karyawan-karyawan dari LPEM FEUI yang berkantor di Kampus UI Salemba, Jakarta. Koperasi ini berdiri  2003 yang didasari peraturan terbaru yang menyatakan bahwa suatu yayasan tidak diperbolehkan berkegiatan usaha selain ditujukan untuk kegiatan sosial. Jadi, mengamankan aset-aset yang ada merupakan langkah strategis yang diambil ketua yayasan, Pak Darmin Nasution.
            Berdirinya koperasi yang ideal berangkat dari beberapa orang yang memiliki kebutuhan sejenis. Koperasi adalah kemauan bersama, bukan inisiatif perorangan. Apalagi kalau modal utama malah berasal dari modal perorang yang dalam hal ini aset perorangan yang dijadikan modal koperasi. Dalam perkembangan koperasi tidaklah salah kalau aset koperasi jauh lebih besar dibanding akumulasi simpanan anggota. Namun, agaknya nilai-nilai perjuangan koperasi kurang terasa jika modal tersebut tidak digunakan untuk kepentingan anggota baik berupa kegiatan usaha atau pendidikan. Apalagi dalam koperasi yang terbilang sukses dalam menjalankan usahanya, penumpukan modal anggota yang ada tidak tersentuh sama sekali.
            Struktur kepengurusan Kalpemas terdiri dari empat orang, yang masing-masing menjabat sebagai ketua, bendahara, sekretaris umum, dan pengawas. Sampai sekarang koperasi beranggotakan 84 orang. Tujuan koperasi dalam menyejahterakan anggota nampaknya terbilang cukup, terbukti dari penuturan Bu Nike, seorang anggota, yang menerima SHU 2011 sebesar 2 juta rupiah. Dalam hal ekonomi memang terlihat jelas efek manfaatnya. Namun, tidak terlihat fungsinya yang menangakomodasi kebutuhan sosial dan budaya anggota. Agar tujuan kebermanfaatan koperasi terasa di samping tujuannya ekonominya.
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar