Jumat, 27 Juli 2012

TEMPAT BELAJAR YANG HIJAU DAN SEJUK ASIK UNTUK BERMAIN


TEMPAT BELAJAR YANG HIJAU DAN SEJUK ASIK UNTUK BERMAIN
Muhammad Ridho Rachman, 0806343973

Hai, sahabat kreatif!
            Apakah teman-teman sudah libur semseter ini? Nah bagaimana pelajaran semester lalu? Sulit atau justru mengasikan? Semoga mengasikan yah.. dan semoga nilai teman-teman ketika pembagian rapor hasilnya bagus-bagus yah..
            Aku mau mengajak teman-teman melihat keadaan lingkungan di sekolah masing-masing. Bagaimana keadaannya? Apakah sudah bersih dan rapi? Semoga sudah ya.. dan yang paling penting kita semua ikut dalam menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan sekolah. Bukan karena ada bapak penjaga kebersihan, lantas kita tidak bersih dan rapi. Kita juga harus ikut menjaga kebersihan. Dan ikut membantu bapak penjaga kebersihan juga loh…  biar pekerjaannya tidak terlalu berat.
            Kalian tahu ga jenjang pendidikan itu apa saja? Pertama, Sekolah Dasar. Tempat kita belajar. Kemudian setelah lulus, nanti kita masuk SMP, terus SMA, dan terakhir kuliah deh.
            Aku mau tanya lagi, kalian tahu ga Universitas Indonesia? Tempat belajarnya mahasiswa yang berada di daerah Depok. Tempat belajar mereka sangat luas dan sangat hijau loh. Bener deh, luasnya 68.853 m2 lebih terdiri dari hutan lebat yang memiliki pohon-pohon raksasa, pokoknya seperti berada di tengah-tengah hutan deh. Selain itu juga memiliki lima danau yang besar-besar. Ga terbayang kan bagaimana nyamannya belajar di sana. Pasti kakak-kakak mahasiswa nyaman sekali belajar dengan lingkungan yang sejuk seperti hutan.
            Sebagai tempat belajar yang menampung puluhan ribu mahasiswa, memang jawar kalau luasnya seperti itu. jangan dibandingkan dengan sekolah kita yah, kan jumlah muridnya tidak sampai ribuan. Hehe..
Setiap minggu aku bersama keluarga rutin bertamasya ke sana. Biasanya kami bersepeda mengelilingi UI dan melihat danau-danau yang indah itu. Dan kalian mesti tahu, di UI ada jalur sepeda yang sangat panjang, di sebelah jalan raya. Bayangkan aku saja belum satu putaran mengelilingi UI sudah capai duluan.
            Tempat favoritku bersama keluarga yaitu di Danau Ulin. Pemandangannya sangat indah loh, kita bisa melihat danau Ulin dan tembok bertuliskan “UNIVERSITAS INDONESIA” yang sangat besar, di belakangnya itu hutannya sangat indah. Aku ingin sekali menyeberangi danau itu dan melihat tembok besar itu dari dekat. Tapi bagaimana bisa ya, membangun tembok itu kalau harus berenang melawati danau. Pasti ada jalan untuk sampai ke sana. Nanti aku harus cari tahu bagaimana bisa sampai ke sana.
            Oh, iya… kalian juga harus tahu, kalau jalur sepeda itu pada hari kuliah disediakan sepeda pinjaman yang bisa dipakai oleh mahasiswa secara gratis. Hanya dengan menunjukan kartu mahasiswanya. Juga ada halte-halte pemberhentian tempat menaruh dan meminjam sepeda, dan pasti ada petugasnya yang melayani. Asik deh melihatnya, aku jadi membayangkan kalau nanti mau ke Danau Ulin tinggal naik sepeda pinjaman itu tanpa harus berlama-lama berjalan kaki dan naik kendaraan bermotor yang membuat polusi. Kapan yah, aku bisa mendapatkan kartu mahasiswa untuk meminjam sepeda UI? Hehe.. ko jadi mimpi.. mungkin suatu saat bisa.
            Dan satu lagi yang membuatku sangat senang berada di UI, ada bis besar yang muat banyak sekali penumpang. Naiknya cuma-cuma loh. Tinggal tunggu di salah satu halte, nanti bis itu akan berhenti, kemudian naik deh. Aku senang bisa cepat mengelilingi UI yang indah tanpa harus menggenjot sepeda susah-susah. Tapi aku juga suka mengelilingi dengan sepeda. Bis warna kuning itu bermanfaat buat kakak-kakak mahasiswa yang ingin buru-buru. Jadi, selain sepeda, bis juga bisa menjadi alat transportasi pilihan.
            Nah, teman-teman kalian tertarik kan dengan pengalamanku bertamasya di UI? Kalian harus coba deh, pasti kalian akan merasa sangat senang dengan pengalaman selama berada di sana. Saat liburan sekarang ini, sangat tepat untuk kalian mencoba berwisata ke tempat yang beda dari biasanya kalian kunjungi.
            Oke, dariku cukup sekian…
            Selamat berlibur yah.. daa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar