PKS Putihkan Jakarta dan Media
Jakarta, 17 Maret 2014 - Sehari berselang pasca Deklarasi Kampanye
Berintegritas yang serentak dilaksanakan oleh KPU dan perwakilan partai politik
peserta pemilu 2014 di seluruh Indonesia, sabtu (15/3), Partai Keadilan
Sejahtera langsung menggebrak ibukota Jakarta dengan kekuatan penuh. Bertempat
di Stadion Gelora Bung Karno, setidaknya 150.000 peserta hadir memenuhi seisi stadion yang berdaya tampung
maksimum 100.000 penonton (viva.news). Kompak mengenakan
pakaian putih-putih, seluruh peserta yang hadir bak lautan, tak ayal menyedot
perhatian awak media untuk mewartakannya secara terkini.
Kampanye
perdana PKS (16/03) yang menghadirkan ratusan ribu orang benar-benar menjadi
pusat perhatian media. Awesometrics, perusahaan media monitoring, mencatat pada
kampanye hari perdana semua parpol, PKS menjadi pusat pemberitaan dengan total penyebutan
berita sebanyak 1.888 kali sepanjang
hari itu. Perolehan ini menungguli jauh
pesaing-pesaingnya (dibanding pesaing terdekatnya PDI-P yang sebanyak 1.200 dan Partai Demokrat 719).
Adanya, momentum kampanye perdana di episentrum
negeri (Jakarta) sukses dilakukan PKS dibanding tiga parpol yang lainnya yang
juga berketempatan di Jakarta (PDI-P, Nasdem, dan PKB: republika.co.id). Tak heran hasilnya
begitu masif pemberitaan yang dihasilkan.
Tak hanya di pemberitaan media PKS unggul. Di media
sosial (Facebook dan Twitter) penyebutan “Partai Keadilan Sosial” dengan jargon
utama “PKSM3NANG” berhasil benar-benar “memutihkan” media sosial seharian.
Mesin awesometrics menghitung perolehan PKS sebanyak 40.009 kali penyebutan (dibanding
pesaing terdekatnya Gerindra yang sebanyak 10.316 dan Partai Golkar 8.206).
Akun Twitter @pkspiyungan yang merupakan akun influencer yang diduga berafiliasi dengan PKS, tercatat 13.655 interaksi yang terjadi. Aktivitas yang terbanyak diperoleh dari retweet (dari 9.002 kali @pkspiyungan berkicau).
Sebagai salah satu senjata merebut jumlah elektoral tinggi, rasanya
PKS telah pada jalur yang tepat dalam berkampanye. Momen hari pertama, di
Ibukota, di GBK ini menjadi bukti kesiapan seluruh kader sekaligus melempar
sinyalemen kepada parpol-parpol lain bahwa PKS siap all out untuk kembali dengan aksi “pemutihan” di kota-kota
berikutnya. Jika PKS tetap konsisten dengan jumlah massa besarnya, dan jika jumlah
perolehan kampanye lewat media berbading lurus dengan dampak elektoral yang
diperoleh, hal ini akan menjadi begitu menarik apakah cita-cita #PKSM3NANG di
pemilu tahun 2014 dapat tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar